Jumat, 17 April 2009

Rumah Sakit Tak Sediakan Fasilitas Khusus

Posmetro Batam, Rabu, 08 April 2009

Ki Rogo memperediksi sedikitnya 150 caleg gagal mengalami gangguan jiwa alias gila dan perlu dirawat di Rumah Sakit Jiwa (RSJ), tapi hingga hari ini, rumah sakit khusus itu belum ada di Kepri. RSJ terdekat adanya di Pekanbaru. Lantas bagaimana pihak rumah sakit baik pemerintah mau pun swasta menanggulangi masalah ini?

Dr Mohammad Zaini, MARS selaku Manager Business & Development Rumah Sakit Awal Bros (RSAB) Batam, menuturkan, di tempatnya memang tidak menyediakan fasilitas atau penampungan khusus untuk menangani pasien para calon legislatif (Caleg) yang gila akibat gagal dalam Pemilu 2009 nanti.“Kami nggak ada fasilitas yang dikhususkan untuk itu, karena kami tidak memiliki psikiater. Kami hanya menangani sesuai dengan ketersediaan sarana yang kami punyai, kalau untuk fasilitas khusus tersebut tidak ada,” terangnya kepada POSMETRO, Minggu (5/4) siang.

Zaini menegaskan, pihaknya terus berusaha melayani dengan baik seluruh pasien maupun keluarga pasien yang berobat. “Dengan tidak dilengkapinya fasilitas khusus untuk pasien caleg yang stres, tapi bukan berarti kami tidak mau menerima pasien caleg itu,” sebutnya.
Sementara itu, RSOB siap menangani para caleg yang diduga stres akibat gagal dalam pemilu. “Kita siap merawat kalau ada caleg yang stres,” kata dr. Agus Permadi,sp,s, saat ditemui di Poliklinik saraf RSOB awal pekan kemarin.

Agus mengatakan, walau RSOB tidak menyiapkan ruangan khusus bagi caleg-caleg yang stres, pihaknya sudah siap jika memang ada caleg yang stres. Sementara pihak RSHB dan RSBK, tidak menyiapkan ruangan khusus. “Kita hanya bisa merujuk karena tidak punya fasilitas untuk mereka,” kata Pranoto, Kabag SDM RSHB.(cr2/cr4/kau)

Tidak ada komentar: